3.01.2015

The Perks Of Being An Anak Kost

As you all may know... Hell, what am I talking about.

Jadi seperti yg kalian ketahui, tsahelah, gue udah ngekos dua tahun lebih. Wow ngga berasa banget yah? Kamar kos gue udah jadi saksi bisu akan segala kerandoman dan keabstrakan hidup gue. Mulai dari konser tunggal gue, monolog gue tentang apapun, galau-galaunya gue, sampe cekikikan gue tengah malem gegara baca novel. Kamar kos is my best friend

Jadi sesuai dengan judulnya, gue mau ngasih tau the perks of being an anak kost and here they are:

  1. Uang 50rb cuma cukup buat bertahan hidup selama dua hari. 
  2. Nyuci + nyapu + ngepel, well basically everything, kamu kerjain sendiri. Of course ada tukang laundry tapi balik lagi ke poin nomer 1, kamu lebih milih ngga makan atau nyuci sendiri? :)
  3. Pulang ke rumah ngga bisa setiap minggu. Jadwal kuliah padet ditambah bimbingan skripsi. Jadi yah...
  4. Warteg ngga ada yg sedeket dapur di rumah. 
  5. You're pretty much on your own
"Lah ca katanya the perks of being an anak kost tapi kok itu isinya sedih-sedih semua sih?"
Engga kok, coba deh biasakan melihat sesuatu ngga dari satu sisi aja. Nih ya gue jelasin dari poin 1 sampe 4 dari sisi yg lain.

Poin 1: Uang 50rb cuma cukup buat bertahan hidup selama dua hari. 
Seperti yg gue bilang, uang 50rb sekarang ini cuma cukup buat bertahan hidup selama dua hari doang. Let's face it, rupiah semakin lama semakin mahal. Ini bukannya tanpa alasan, tapi emang itulah faktanya. Sebagai anak kost, gue ngerasain banget hal ini. Jadi biar bisa hidup lebih lama kita harus jadi lebih pinter dong buat menyiasati uang.

Rule number one of being an anak kost: ngga boleh boros. Kecuali kalo orang tua kamu tajir melintir.

Poin 2: Nyuci + nyapu + ngepel, well basically everything, kamu kerjain sendiri.
Kalo dirumah biasanya ada pembantu yg bisa ngelakuin semua hal itu, nah kalo jadi anak kost ya kamu yg ngelakuin semuanya sendiri. Emang ada laundry tapi semurah-murahnya laundry juga tetep harus keluar uang dibanding kalo nyuci sendiri. Dan ngga ada pembantu di kosan yg bisa nyapu dan ngepelin kamar kamu, ya kamu yg harus ngerjain sendiri. Percaya deh, hasil cucian kamu bakalan jauh lebih bersih daripada hasil laundry sekalipun kamu ngga bisa nyuci.

Poin 3: Pulang ke rumah ngga bisa setiap minggu.
Jadwal kuliah yg padet, tugas kuliah dan hal-hal lainnya ngga bisa bikin kamu pulang ke rumah setiap minggu. Paling banter kalo liburan panjang. Dan buat yg rumahnya di luar kota malah mungkin pulangnya kalo liburan semesteran yg panjang banget. Nah pas pulang ke rumah, kamu jadi jauh lebih menghargai momen itu. Masa iya udah kangen setengah hidup sama rumah dan harus nahan kangennya berbulan-bulan, eh pas sampe rumah kamu malah kelayapan sih? Kan ngga sering kamu bisa pulang. Nikmatin momen ketika lagi di rumah mumpung lagi di rumah. Dan satu lagi, makanan yg dimasakin mama atau orang rumah kamu bakalan jauh lebih nikmat dibanding masakan dari restoran bintang sejuta sekalipun mereka cuma masak telor ceplok #fact.

Poin 4: Warteg ngga ada yg sedeket dapur di rumah.
Sedeket-deketnya warteg sama kosan kamu, kamu bakalan tetep harus jalan keluar kamar. Kecuali mereka mau delivery, which is bakalan kena additional charge. Inget poin 1 kan? Ngga kayak di rumah, kalo kamu laper tinggal ke dapur. Kalo di kosan, kalo kamu laper ya jalan beli makan. Kamu ngga bisa males-malesan di kamar. Kalo males jalan resikonya ya harus nahan laper. Jadi intinya, kamu ngga bakalan lagi males jalan.

Poin 5: You're pretty much on your own.
Nah sebagai anak kost kamu itu hidup sendirian di kota orang. Kecuali kalo kamu ngekos berdua. Hidup sendirian itu butuh tanggung jawab, bukan sama siapa-siapa, tapi sama diri kamu sendiri. Terus kalo kamu hidup sendirian, kamu dituntut untuk mandiri which will come in handy in the future. Mandiri itu ngga bakalan merugikan kok.

Jadi teman-teman sebangsa dan setanah air, those were the perks of being an anak kost versi gue. Percaya deh anak kost ngga cuma tentang dompet nipis di akhir bulan kok, there's a lot more than that.

:)

2 comments:

  1. banyak susah senengnya jdi mahasiswa perantauan.
    Cara gue sih, bnyakin tmen. Sapa tau, pas ulang tahun, makan".

    ReplyDelete