2.01.2015

Renungan Malam Ini

Ceritanya lagi baca-baca blog sendiri. Kurang kerjaan banget. Padahal masih banyak blog lain yang bisa dibaca, tapi malah bacain blog sendiri. Eh salah, harusnya skripsian tapi malah bacain blog sendiri. Jurnal-jurnal yang seharusnya dibaca. Duh ca. Bentar lagi wisuda lho! *ngingetin diri sendiri*

Anw, terus gue nemu satu tulisan gue yang judulnya bikin gue senyum-senyum pedih gitu. Judulnya itu Move On. Seriusan judulnya itu. Klik aja linknya.

Gue ngerasa kayak lagi diceramahin sama diri gue 9 bulan yg lalu tau. Gampang banget aja gitu gue ngasih saran ke orang lain pada saat itu, padahal dalam dua bulan kemudian saran itu bakalan dilempar lagi ke muka gue.

Dalam dua bulan kemudian itu gue justru yang terpuruk. Jatuh sejatuh-jatuhnya. Sakit sesakit-sakitnya.

Dan gue sakit beneran. Gue sampe harus ke rumah sakit karena sakit kepala tiga bulan berturut-turut. Semua itu karena satu orang, eh dua deh. Gausah lah sebut nama, yang sering baca blog ini juga pasti udah tau siapanya. Mata gue juga sampe ngga jelas bentuknya kayak apa saking keseringan nangis, nangis dan nangis. Berat badan gue turun. Kalian bayangin aja, badan gue udah kecil mungil eh turun pulak berat badannya. Tinggal terbang doang ketiup angin.

Temen-temen deket juga udah ngasih saran segala macem. Mulai dari berhenti mikirin dia. Berhenti untuk peduli sama dia karena percuma aja. Berhenti untuk cari tau apapun tentang dia. Cuek aja kalo ketemu. Jangan ijinin dia ke kosan. Bersikap biasa aja. Sibukin diri. Sampe disuruh cari pacar baru.


Saat itu gue tertatih-tatih buat move dari dia. Tsahelah cem lirik lagu aja ca. Tapi itu bener-bener susah, sekalipun cuma sebelas bulan doang sama dia, tapi ya yang namanya sayang ya ngga kenal jangka waktu kan. Tapi gue mikir, mau sampe kapan gue jatuh kayak gini? Toh tangannya dia udah sibuk menggenggam tangan yang lain dibanding diulurin untuk bantu gue berdiri. Siapa lagi yang mau bantu kalau bukan gue yang bangun sendiri? Dan akhirnya gue ngikutin saran dari temen-temen gue.

Pertama: berhenti ngehubungin dia.

Susah banget. Karena emang kita berdua  udah terbiasa untuk ngehubungin satu sama lain. Ditambah dia masih sering ke kosan. *jedukin kepala*. Misi move on gue saat itu terancam FAILED karena dia masih berkeliaran di sekitar gue tanpa pernah bener-bener pergi. Tapi terus gue bisa untuk ngga ngehubungin dia, sayangnya cuma bertahan dua minggu soalnya pas dua minggunya itu dia ngehubungin gue buat ngabarin kakeknya meninggal. And then I went back to the square one. *buang nafas*
MISSION FAILED!

Kedua: Berhenti untuk stalking medsosnya dan medsos perempuan itu.

Gue emang terkenal dengan kekepoan gue yang cetar tralala trilili. Gue bisa nemuin medsosnya dia yang diem-diem dia punya. Gimana caranya? Rahasia. Dia sendiri pun ngga tau kalo gue udah tau akun itu dari kapan tauk. Mungkin harusnya gue mempertimbangkan karir sebagai detektif kayak Sherlock Holmes gitu. Yg ini sejujurnya juga susah. Soalnya tanpa disadari, hati ini masih pengen tau tentang dia. Tapi justru karena itu, gue jadi makin sakit hati.


Tapi terusnya gue tau, kebiasaan satu itu ngga sehat untuk hati gue yang udah korengan disana-sini. Akhirnya pelan-pelan gue mulai tutup mata. Bodo amat sama semua yang mereka tulis.
MISSION ACCOMPLISHED!

Ketiga: Nulis buat ngeluapin semuanya.

Gue emang lebih suka nulis dibanding ngomong. Gue akhirnya beli, eh minta ke Luna deng, satu pak kertas folio bergaris, dan hampir setengahnya udah penuh sama tulisan gue. Banyak lembarannya yang rada basah kena airmata. Ngga cuma di kertas folio itu, blog gue juga jadi sasaran kegalauan gue. Udah baca kan puisi-puisi galau ngga jelas yg gue tulis? Ya itu salah satu contoh dari luapan emosi gue. Halah. Apaan banget sih ca.
MISSION ACCOMPLISHED!

Keempat: Kenalan sama banyak orang-orang baru.

Percaya atau engga, ini yang paling ampuh buat move on dari dia. Kenapa? Karena gue jadi lebih sibuk untuk berinteraksi sama orang lain dibanding sama dia. Dengan banyak kenalan sama orang-orang baru itu gue pelan-pelan mulai ikhlasin dia. Gue sadar, diluar sana masih banyak yg bisa bikin gue senyum tanpa harus jadi pacar. Buat apa juga, toh jadi temen aja udah bisa senyum. Tapi ya kalo akhirnya jadi ya ngga apa-apa. Hehehe.
MISSION TOTALLY ACCOMPLISHED!

Dan yang terakhir, ngga lain dan ngga bukan adalah: berhenti nangisin dia.

Awalnya emang terlalu sakit sampe akhirnya airmata satu-satunya cara buat meringankan sakitnya walaupun cuma sedikit. Ketika lagi liat-liat foto di laptop, gue keinget dia, terus nangis. Denger lagu sedih, gue keinget dia, terus nangis. Nonton film, gue keinget dia, terus gue nangis. Lagi doa habis solat, gue keinget dia, terue gue nangis. Liat revisi penelitian ilmiah, gue nangis. Pokoknya kerjaan cuma nangis, nangis, dan nangis. Tapi seiring berjalannya waktu dan gue juga udah mulai sibuk sama dunia gue, sibuk sama kuliah, sibuk jalan-jalan sama Dini Luna Iqbal, sibuk sama orang-orang baru itu, dan believe it or not, gue mulai sibuk merawat diri. Dulu sih gue males banget sama yg namanya penampilan. Baca aja komentarnya Feni disini. Gue akhirnya berhenti nangisin dia.
CONGRATULATION! YOU ARE NOW MOVING ON! 
Gue akhirnya nerima kalo hubungan gue sama dia bener-bener udah selesai. Dan gue pada akhirnya bisa move on dari dia. Walaupun harus jatuh bangun dan dalam jangka waktu yang ngga sebentar.

Semua itu bikin gue makin bersyukur karena gue dikasih temen-temen yg super, yg ngga pernah bosen dengerin gue curhat, yg ngga pernah bosen ngingetin gue. Semua itu bikin gue makin berhati-hati untuk menjaga yg gue milikin sekarang, karena suatu saat mereka bisa aja pergi gitu aja kayak dia dulu. Semua itu bikin gue jadi makin dekat sama Sang Pencipta. Semua itu bikin gue jadi jauh lebih dewasa dalam menerima hal-hal yg terjadi dalam hidup gue. Dan semua yg udah gue lakuin itu tanpa sadar udah nunjukin kalo gue itu jauh lebih kuat dari yg gue bayangin sebelumnya.

Apapun yg terjadi dalam hidup kita pasti punya alasan dibaliknya, ngga sekadar muncul gitu aja cuma untuk ngobrak-ngabrik tatanan hati.

:)



Depok, 25 Januari 2015 (00.37 am)



No comments:

Post a Comment