8.15.2014

Enjoy Jakarta: Monas, Masjid Agung Istiqlal & City Tour

Okay first of all let me say that GUE AKHIRNYA KE MONAS COY! AAAKKKKKKK! Oke norak banget emang kedengarannya tapi ini seriusan, gue baru pertama kali ke Monas itu ya kemaren. Double norak. Banyak temen-temen gue yang kaget pas gue bilang kalo gue belum pernah ke Monas soalnya duh please deh orang juga udah pada bosen kali ke Monas. Pulang dari Monas gue langsung syukuran pake tumpeng.

Berhubung masih libur sebelum ujian utama dan kebetulan gue juga lagi di rumah (bang toyibnya sudah pulanggg) jadilah gue ngajakin Dini buat jalan-jalan dan Dini ngusulin buat ke Monas. Jelas jadiin lah pasti, harus banget jadi. Eh temen gue Bulu (gue pernah ceritain sedikit tentang dia di sini) kebetulan juga lagi di bekasi dan dia ngajakin gue jalan, yaudah gue ajak aja biar rame. Tapi kasian juga kan kalo Bulu cowok sendiri, yaudah gue ajak juga Iqbal dan alhamdulillah dia mau. Sebenernya mau ajakin Luna juga tapi dia masih di Tangerang dan kasian dia kalo harus ke Jakarta udah gitu pulang pasti malem.

Jadilah kita berempat jalan-jalan di hari Rabu tanggal 6 Agustus 2014.

Gue berangkat bareng Bulu terus nitip motor di rumah Dini dari situ ketemuan sama Iqbal di halte busway Gambir soalnya rencananya mau ke Galeri Nasional dulu baru ke Monas. Gue janjian sama Bulu jalannya tuh jam 9 dan jam 9 gue baru bangun ahahaha #koalaalert. Nah pas lagi di dalem halte busway mana gitu gue lupa, Harmoni kalo ga salah, si Iqbal nelepon katanya dia stuck di Tosari soalnya ada demo di depan gedung MK. Itutuh pendukungnya Pak Wowo. Iqbal bilang arah Gambir tutup, dia stuck disana, gue juga gabisa ke mana-mana. Tadinya Iqbal sempet mau pulang aja tuh ya tapi masa pulang sih. Yaudah akhirnya gue, Dini, Bulu nyamperin Iqbal. Kita janjian ketemuan di halte Dukuh Atas which means gue puter balik lagi ke arah Matraman yang udah gue lewatin. Dan penuh gilaaa itu Transjakartanya coy. Ampun deh, mana lama nunggu bisnya. Hadeh. Semua demi Iqbal seorang.

Sampe di halte Dukuh Atas jam 1 atau setengah 2 gitu. Terus bingung kan mau ke mana jadinya soalnya ditutup gitu tapi gue tanya lagi sama petugas buswaynya (saking kebelet banget pengen ke Monas) rutenya masih ditutup apa engga dan ternyata udah engga sodara-sodara! Yaudah deh jalan lagi kita naik Transjakarta. Tapi makan dulu di Sarinah. Tenggorokan udah pada kerontang, perut juga udah demo anarkis. Gue belom sempet minum sama sekali itu, minum baru pas sampe rumah Dini itupun cuma 2-4 teguk doang.

Selesai makan kita cus langsung ke Galeri Nasional Indonesia naik Transjakarta lagi teteup. Dan pas sampe sana ternyata tutup! Argh ngeselin abis. Yaudah mau gamau emang cuma dapet Monas doang kan. Akhirnya dari Galeri Nasional Indonesia kita naik bajaj sampe Monas. Bajajnya ini warnanya biru terus ada tulisannya angkutan umum lingkungan, soalnya bahan bakarnya pake gas gitu jadi asapnya ngga kayak asap kopaja atau metromini yang ngebul hitam ngga sehat gitu.

penampakan bajajnya, bagus ya?

Pas sampe Monas kebetulan banget tuh adzan ashar, harus menghadap Tuhan dulu dong. Jalan lagi lah kita ke Masjid Agung Istiqlal. Pada tau kan masjid ini? Taulah pastinya.

Masjid Agung Istiqlal
Ada yang lucu nih di sini. Kita harus lepas sepatu kan kalo mau masuk masjid nah di sini ada tempat penitipan sepatunya. Tulisan di tempat penitipan sepatunya kayak begini:

Penitipan Sepatu
GRATIS

Dan pas gue ngasih sepatu sama yang lain, si petugasnya bilang apa coba? Dia bilang gini:

"ya seikhlasnya aja ya"

I mean whaaattt? Gue baru ngasih sepatu itu, kartu penitipannya aja gue blm dapet tapi udah disodorin kata-kata begitu. Yaudah akhirnya dikasih dua ribu rupiah. Ikhlas sih cuma kok ya agak gimana gitu si petugasnya. Terusnya gue sama Dini ke toilet cewek. Aduh ampun deh toiletnya. Dudukan klosetnya kotor, padahal di tempat ibadah lho. Selang buat cebok ngga bisa dipake, flush juga rusak. Lantainya juga agak kotor. Aduh sayang banget deh beneran. Semoga bisa cepat diperbaiki demi kenyamanan bersama :)

Selesai solat kita maunya langsung meluncur ke Monas eh pas di depan Istiqlal mau nyetop bajaj, berhentilah bus City Tour. Yaudah naiklah kita berempat karena gue udah lari duluan ke busnya hahaha. Hoki abis. Soalnya bus ini ngga setiap saat munculnya. Muterin Jakarta gratis sambil dikasih info-info menarik dari guidenya tentang spot-spot di Jakarta, mulai dari museum sampe gedung pemerintahannya bahkan sampe asal-usul nama jalan di Jakarta. Tapi guide nya lucu deh pronounce bahasa inggrisnya, gue sama Iqbal sampe iseng ngomong kalo guidenya diganti jadi kita berdua aja hahaha.

lagi di dalem Bus City Tour. liat deh bajunya, samaan semua warnanya hahaha.

the crew mwehehehe

halo ini yang namanya Bulu a.k.a Fachri

kenalin, nama saya Chairunnisa.

salah satu spot yang kita lewatin

selamat datang!

ini di lantai dua bus

Oh iya di dalem bus kita ngga boleh berdiri, jalan-jalan, makan atau minum, guling-guling, tengkurep, salto, apalagi sampe akrobat sekalipun kita ada di lantai 2 bus (busnya kan double decker gituuh) karena tetep aja ketauan, soalnya bus ini dilengkapi sama CCTV. Karena gaboleh makan minum, busnya jadi bersih banget. Nyaman deh pokoknya. Bagus banget pemerintah bikin City Tour gini, semoga daerah lain secepatnya menyusul.

Setelah puas muter-muter naik City Tour kita akhirnya berhenti di halte City Tour yang depan Monas. Dan gue ke MONAS COY! oke ca calm down. Inget kan tadi gue blm minum banyak? Nah alhasil gue kena anyang-anyangan sodara-sodara, ribetlah gue bolak-balik ke toilet. Untung banyak toilet umum ya walaupun jangan berharap banyak sama kebersihannya. Pengennya naik sampe puncaknya Monas kan eh tapi udah tutup karena udah sore *nangis di pojokan*. Tapi ya foto foto mah teteup dong ah.

gara gara gue iseng foto iqbal kayak gini ehh...

jadinya malah kayak gini mwehehehe

Bulu sombong banget gamau liat kamera. huh.

tuhkan bagus kalo liat kamera gini



anak ilang

MONAS COY MONAAASSSS!

sunset

menjelang malam

Kita semua kira Monas bakalan nyala yang lampu warna-warni gitu kalo udah malem eh pas ditungguin ternyata engga. Hih sebel. Yaudah deh kita akhirnya makan di kaki lima di depan pintu Monas. Terus selesai makan, kita pulang. Eh pas mau pulang gue beser lagi dan karena udah malem jadi toilet umumnya banyak yang udah tutup. Aduh panik kan gue soalnya kalo ini kantung kemih ngga dikosongin, gue kena anyang-anyangan lagi eh untungnya si Bulu yang punya mata masih sehat ngga kayak gue Dini sama Iqbal, ngeliat masih ada satu toilet yang masih buka. Huaaah rasanya kayak ngeliat cahaya di kegelapan, gue langsung sujud syukur.

Hari yang super sekaliiii!

Nah yang mau gue kasih tau adalah untuk jalan-jalan ngga perlu yang jauh kok, di Jakarta aja banyak banget tempat-tempat yang menarik buat dikunjungin. Yang gue sebutin di judul itu cuma sebagian kecilnya aja, masih banyak yang belum gue kunjungin. Selain itu, berwisata di Jakarta bisa dibilang relatif murah dan gampang dijangkau. Untuk masuk museum aja harganya ngga dipatok mahal dan malahan ada yang gratis, transportasi bisa pake Transjakarta yang bayar Rp 3.500 udah bisa keliling Jakarta selama ngga keluar halte, kalo ngga mau naik Transjakarta kan ada City Tour yang gratis. Tuh enak kan? Makanya yuk kita Enjoy Jakarta! :)



PS: akhirnya setelah sekian lama nangkring di draft dikarenakan foto-fotonya masih belum lengkap, akhirnya gue publish juga. 

No comments:

Post a Comment