8.22.2014

Enjoy Jakarta : Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Penat sama aktivitas? Bosen ngeliat Jakarta yang isinya Mall sama Apartemen melulu? Pengen liat yang hijau-hijau di Jakarta?
"Ah mana ada!"
Ih kata siapa ngga ada, ada tauk! Kamu aja yang belum tau tempatnya di mana. Nih gue kasih tempat buat yang pengen nyari suasanya hijau di Jakarta, namanya sama kayak judul postingan gue, Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Iya ini di deket Muara Angke, tapi bukan tempat nyari ikan. Jadi Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini merupakan sebuah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan wisata alam dan berpusat pada pengembangan Eco-tourism.

Tuh enak kan? Sesekali back to nature lah, biar mata ngga ngeliatnya mall melulu. Jakarta udah penuh sesak sama Mall.

Menurut gue tempat ini keren banget, karena selain ngebantu melestarikan alam dan ngasih edukasi tentang penanaman hutan mangrove (ada tempat khususnya lho), tempat ini bagus banget buat dijadiin tempat pelarian dari aktivitas sehari-hari. A sweet escape lah. Mata jadi seger gitu kalo liat yang hijau, selain duit maksudnya. Hehehe. Kawasan ini punya pengaruh signifikan juga untuk Jakarta, lho. Bisa mencegah instruisi air laut ke daratan dan bisa meredam bencana banjir. Buat perbandingan, satu gram lumpur bisa menyerap tiga gram air. Ga heran kalo banyak perusahaan menggunakan dana CSR nya untuk menanam kembali tanaman mangrove, ya buat bantu Jakarta juga biar gak kena bencana!

Masih dalam mode liburan, akhirnya gue, Iqbal, Dini, Luna ngebolang ke sini pada tanggal 20 Agustus 2014. Padahal minggu depannya gue sidang, duh doain ya semoga sidang gue lancar. Amiinn!

Sebenernya pengen ke sini udah dari bulan apa tauk, tapi baru kesampeannya sekarang. Kita berempat bener-bener buta arah banget, ngga pernah sekalipun nginjekin kaki di daerah Pantai Indah Kapuk. Iya tempatnya di situ, lurus terus aja dari Waterboom PIK. Karena ngga tau tempatnya di sebelah mana, jadi kita bener-bener ngandelin informasi yang tersedia di Internet. Beruntunglah generasi gue udah punya yang namanya internet di mana informasi berserakan di mana-mana dan GRATIS!

Buat yang pengen ke sana, bisa klik di sini buat liat cara menuju ke sana.

Gue, Iqbal, dan Luna janjian naik kereta dan ketemuan sama Dini di Stasiun Jakarta Kota dan setelah dari stasiun kita masuk ke halte Transjakarta koridor 12 yang arah Pluit untuk naik bus yang namanya BKTB. BKTB ini emang bisa naik dari halte Transjakarta, tapi tetep harus bayar masuk halte Transjakarta dan ngeselinnya nanti pas di dalem BKTB kita bayar lagi. Jadi bayar dua kali. Katanya Iqbal dulu bisa langsung beli tiket BKTB jadi ngga harus bayar dua kali. Ya mungkin biar ada pemasukan lebih kali makanya bayar dua kali. Dan kalo mau masuk halte Transjakarta yang di Jakarta Kota harus pake top-up card gitu, alhamdulillahnya kartu Flazz BCA yang waktu jalan-jalan ke Monas itu masih di gue jadi kita cukup top up kartunya aja ngga beli baru.

Nah untuk ke halte Transjakarta ini ada jalan lewat bawah tanah gitu jadi kita ngga asal nyebrang jalanan karena lalu lintasnya emang rame dan bahaya untuk pejalan kaki, ya walaupun masih ada yang bandel. Kebetulan kita berempat sampe di halte Transjakarta jam 11 lewat terus karena emang kita buta jalan kita nanya sama petugas Transjakarta yang ada di situ, katanya "BKTB lewat kok". Yaudah akhirnya kita tunggu, dan kamu tahu ga itu bus baru sampenya jam berapa? Jam 12.15! SUBHANALLAH. Rasanya pengen salto ditempat tapi terusnya gue inget kalo gue gabisa salto jadi akhirnya gue cuma ngesot-ngesot doang.

Untunglah kita berempat ngga jadi nyerah naik taksi, soalnya perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota ke PIK itu lumayan. Lumayan banget. Ada kali 45 menitan belum termasuk macet-macetan. Bentuk Bus BKTB itu mirip banget sama Bus Transjakarta tapi bukan yang gandeng kayak orang pacaran gitu. Warnanya juga sama tapi di bagian depan bus ada tulisan BKTB. Jangan samain BKTB sama APTB ya, soalnya beda. Warnanya juga beda. Kalo emang mau ke PIK itu ya naik BKTB. Kita turun persis di depan Yayasan Buddha Tzu Chi. Kalian pasti tau kok Yayasan itu yang mana, gedungnya aja guede banget. Ngga mungkin ngga keliatan deh. Nah dari situ udah deket sama pintu masuk Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

Yayasan Buddha Tzu Chi

Untuk masuk ke dalam cukup bayar tiket masuk Rp 25.000 untuk dewasa. Kalo gue sih bayarnya yang Rp 10.000 soalnya kan masih anak-anak hahaha.


Di dekat pintu masuk ada masjid. Wuah masjidnya bagus banget, kayu-kayu begitu. Nah pas ke masjid, batas sucinya itu di depan, jadi harus nyebrang jembatan dulu baru sampe masjid dan kebetulan pula siang itu lagi panas dan akhirnya lari deh ke dalam masjid. Lantainya panas banget! Sampe di dalam masjid kaki langsung merah. Sayangnya kamar mandi wanita di masjid ini kotor banget. Sampah tissue di mana-mana dan bau pesing juga. Haduh lagi-lagi begini, di tempat ibadah pula.




Selesai dari masjid kita berempat ngisi naga di perut dulu. Untungnya ada kantin, ya walaupun kita cuma makan indomie rebus pake telor doang tapi kalo kata Luna "itu adalah indomie yang paling gue bersyukur kayaknya". Laper banget. Harganya juga ngga terlalu mahal. Standar lah.

Terus kita jalan lagi. Emang dasar gue suka banget ngeliat tumbuhan hijau gitu, jadilah gue agak norak gitu. Ya namanya juga seneng. Buktinya aja gue sampe ke Kebun Raya Bogor dua kali! Selain pepohonan dan tumbuh-tumbuhan, di sini ada area penginapannya lho.

Price list nya mulai dari Rp 300.000 untuk rumah tenda hingga yang termahal Rp 5.000.000 untuk villa Rhizophora yang kapasitasnya bisa untuk belasan orang. Kalo punya uang banyak juga mau deh nginep di sini. Sayangnya aja engga jadi cuma bisa berandai-andai doang.

Ada fasilitas apa aja di sini? Komplit! Parkir kendaraannya lumayan luas, ada wisata air naik perahu Rp 200.000/6 orang, atau kalau mau lebih effort sambil ngecilin lengan dan romantis-romantisan ala Acha-Irwansyah, bisa sewa kano Rp 50.000/45 menit.

courtesy of nengflora.blogspot.com

Kalau mau ikut paket penanaman dan konservasi, biayanya Rp 150.000. Nah, karena tempatnya cihuy banget buat foto-foto, ada tarif sendiri kalo mau bawa kamera dan segala toolsnya. Biayanya Rp 1.000.000 buat foto prewedding, foto model ataupun pribadi. Sekali lagi karena gue ngga punya duit banyak jadinya gue udah cukup bahagia pake kamera handphone, handphonenya Iqbal yang merek apel kegigit itu. Hasil foto udah cukup badhayy. Saking badhayy nya handphone nya Iqbal isinya muke gue semua seperti biasa.

meet the genk

ada anak monyet mwahaha




yours truly :*


rambut badhaayyy



Wuaduh pemandangan di sini bintang tujuh banget lah. Udah cukup bikin followers di instagram pada mupeng hahaha. Pasti ngga bakalan cukup deh kalo foto sekali doang, nagih banget. Pemandangannya itu lhooo. Duh! Cetar banget.








Karena pemandangan yang bagus banget, banyak yang foto prewed di sini. Gue nemu ada 4 pasangan yang lagi foto prewed. Duh gaunnya cantik-cantik banget. Jadi pengen foto prewed juga. Yaelah mau sama siapa juga sih caaa? Calon aja engga ada. Oke skip. Next!

Nah di sini itu areanya kebagi-bagi gitu. Jadi area depan isinya ada masjid, kantin, penginapan, area api unggun, gazebo, juga playground. Di sini kamu ngga perlu takut kesasar soalnya banyak petunjuk jalannya. Kalo bingung kamu bisa tanya-tanya sama petugas di sana, mereka ramah dan ngga pelit informasi kok. Dan untuk yang easy bladder atau beser kayak gue dan Luna, di sini disediakan toilet umum kok. 

Nah kalo kamu terus jalan sampe ke ujung, sepanjang jalan ke ujung itu ada area pembibitan, jembatan yang lumayan besar, tempat melihat burung, dan kalo kamu jalan terus sampe ujung kamu bakalan berakhir di pantai. Sepanjang jalan menuju si pantai ini gue ngeliat banyak sampah berserakan. Yang lebih mirisnya apa coba? Di sepanjang jalan itu juga disediain tempat sampah, ngga cuma satu tapi banyak banget. Mau nangis aja rasanya sambil garukin rambut Iqbal. Ayo dong kita buang sampah pada tempatnya.


jorok :""(
Jangan ngarep pantai yang bentuknya pantai dengan pasir putih terus laut biru gitu ya. Jangan pokoknya. Soalnya yang bakalan kamu liat itu justru truk-truk pengangkut tanah. Gue berempat sih cuma duduk buat istirahat, terus balik deh.

Tuhkan kalo mau liburan itu ngga harus jauh kok, di Jakarta aja masih ada tempat hijau begini. Masih kurang juga? Yaudah next time kalo ada waktu luang gue suguhin lagi tempat-tempat menarik di Jakarta yang bisa kamu kunjungin. Makanya yuk kita Enjoy Jakarta!

TWA Angke Kapuk, Kapuk Muara
Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Telp: 021-29033066
Website: www.jakartamangrove-resort.com
Jam buka: pagi hingga 18.00


Tips-tips:
  1. Sedia payung sebelum hujan. Yang namanya cuaca udah ngga bisa ditebak lagi, alam udah kacau balau. Jadi prepare aja bawa payung dan kalo perlu jaga-jaga aja bawa sendal yang ngga licin karena kan di sini jalanannya banyak pake kayu dan kayunya itu licin kalo kena hujan. Gue aja sering oleng di sana padahal cuacanya terik. Bingung kan? Sama, gue juga bingung.
  2. Pake sunblock atau lotion karena ketika cuaca panas, panasnya makin berasa. Pake topi juga, selain buat pelindung, lumayan juga kan buat gaya? hehehe.
  3. Pake alas kaki yang senyaman mungkin karena kamu pasti bakalan banyak jalan kaki di sini dan kalo kamu ke sini pake high heels atau wedges duh mending kamu balik aja terus ke Mall deh, kasian kaki kamu.
  4. Karena kantin di sini makanannya kurang bervariatif dan kebetulan adanya di area depan, disarankan banget bawa makanan sendiri dan bawa minum yang banyak karena kamu bakalan haus banget setelah jalan ke sana-kemari. Males juga kan harus jalan ke depan lagi buat beli minum?
  5. Pake obat anti nyamuk! Hiii nyamuknya banyak banget, malah ada nyamuk demam berdarah yang sempet nemplok di tangan gue.
  6. Kalo emang ngga mau ngeluarin uang sejuta demi hasil jepretan kamera SLR, mending gausah bawa SLR daripada nanti kamu ketauan bawa terus kena denda sejuta kan? 
  7. Buanglah sampah pada tempatnya.
  8. Kalo kamu kesandung terus jatuh harus bangun lagi, jangan geletakan doang di tanah. Eh udah ah jadi ngelantur kemana-mana.

Sumber tambahan:


PS: Fyi aja BKTB itu lewatnya ngga setiap saat kayak Transjakarta, dia agak lama lewatnya jadi bersabar aja. Dan untuk naik BKTB arah pulang ke Stasiun Jakarta Kota bisa naik dari depan Yayasan Budha Tzu Chi, naiknya di tempat yang ada tanda pemberhentian bus ya.

nunggu BKTB, kali ini ngga sampe sejam, cuma perlu waktu sampe 9 kali selfie doang kok
ngalay di dalem BKTB
ya Allah maafin icha, luna, dini iqbal yang ngalay di dalem BKTB ya allah.

1 comment:

  1. Tempatnya cantik banget ya! Kamu juga bisa kunjungi Pulau Harapan
    yang ada di Pulau Seribu loh buat wisata pulau seribu terbaik!

    ReplyDelete