11.05.2016

Fase

Dulu waktu jaman masih SD, rasanya berat banget. Harus bangun pagi, ngga boleh telat, PR juga harus dikerjain di rumah soalnya kalo dikerjain di sekolah pasti pada ngadu ke guru (bener kan?), terus pulang sekolah masih ada les ini itu. Belom lagi selesai les harus main sama temen-temen biar ngga dicap sombong.

Beralih ke SMP, rasanya makin berat. Harus bangun lebih pagi karena sekolah mulai rada jauh dari rumah, telat cuma bisa dibawah setengah jam, coba nginget ada PR atau engga susahnya seampun-ampun, pelajaran juga makin nambah bidangnya, banyak-banyak sabar di kantin sekolah karena antrian yg panjang, pulang sekolah harus dateng ke ekskul, belum lagi di akhir garis ada yg namanya UN dan keputusan mau lanjut ke SMA mana.

Naik ke bangku SMA, makin makin berat. Bangun pagi itu mulai susah, berbanding lurus dengan nginget PR dan makalah yg harus dikumpulin hari ini, pelajarannya makin bikin pusing, harus milih antara masuk IPA atau IPS (gue IPA yg pindah IPS btw), ekskul yg ngga bisa ditinggalin, nilai minimal yg harus didapet setiap ujian juga makin tinggi biar ga perlu ikut remedial, dan lagi-lagi UN, juga deretan Universitas yg diidam-idamka dengan jurusan-jurusannya.

Copot seragam, sekarang udah di Universitas. Pelajaran emang makin sedikit, tapi makin menjurus ke satu bidang yg kita pilih, belum lagi cabang-cabang studinya yg ngambil ruang otak lebih banyak, tugas beserta makalah dan presentasi juga saudara-saudaranya yg wajib diserahin ke dosen, IPK yg bikin degdegan tiap semester, kuis dan ujian-ujiannya, UKM setelah pulang kampus, dan akhirnya skripsi yg jadi topik utama di tahun tahun terakhir juga sebagai penentu kamu pantas atau engga pake topi toga yg talinya dipindahin dari kiri ke kanan.

Di fase ini ada sebuah kalimat yg gue inget:
"Adek adek SMA, kalo kalian kesel karena 3 tahun sekolah cuma ditentuin dari selembar kertas, dunia kuliah itu lebih kejam lagi, bayangin aja 4 tahun perjuangan banting otak cuma buat pindahin tali topi toga."

Tali toga udah di sebelah kanan, sekarang saat dimana mulai nulis CV secanggih mungkin dan fotokopi yg banyak buat ngelamar disana sini, saat dimana air dingin itu bermanfaat banget ketika ditolak sama perusahaan. Dan ketika akhirnya saat diterima setelah berjuta penolakan, kamu berjuang dengan ratusan ribu lainnya di tengah kemacetan dan kamu masih ngga boleh telat. Belum lagi kalo kamu terpaksa lembur demi selesainya kerjaan yg menggunung, bos yg rese, temen satu kantor banyak yg nusuk dari belakang.

Barusan gue nemu di Twitter, tweet dari salah satu adek kelas gue di SMA:
"Kata orang dunia kuliah kejam. Dear adik2 yang msh kuliah, setelah wisuda itu lebih kejam. Tertatih demi gelar gaakan ada apa-apanya."

Terus gue sadar, akan selalu ada kalimat-kalimat seperti itu yg muncul di setiap fase. Dan setiap fase yg kita jalanin akan selalu lebih berat daripada fase yg udah kita lewatin. It means that sesuatu yg kita anggap beraaaat banget, ternyata ngga seberat kelihatannya ketika kita udah berhasil melaluinya. Yah, itu menurut gue ajasih sebenernya. Cuma sebagai pengingat udah seberapa jauh kita melangkah, dan udah seberapa hebat kita berhasil ngelewatin ujian-ujian itu. 

Jadi... semangat! Hidup akan terus jadi lebih sulit, tapi kita juga akan terus jadi lebih kuat.


Bangku kantor di kala shift malem,
Makati City, Philippines.

No comments:

Post a Comment