1.12.2017

Terima Kasih #2

Ada satu hal yg otak gue sadari ketika kemaren pulang ke Indonesia, bahwa beberapa masyarakat Indonesia masih susah untuk bilang "Terima kasih". Engga paham. Padahal turis-turis asing bilang kalo negara kita itu adalah negara yg ramah. Ramah tapi masih susah untuk bilang "terima kasih" kali ya hehehe.

Selama tinggal disini, orang-orang sini ngga malu untuk bilang "maaf" atau "terima kasih". Misal kayak mereka cuma ngga sengaja nyenggol tas gue, atau ketika gue nahan pintu lift atau pintu supermarket supaya mereka bisa masuk.

Nah pas kemaren pulang, kebiasaan-kebiasaan gue disini jadi kebawa.

Jadi waktu itu gue lagi di daerah mana ya? Duh lupak. Entah Bekasi, atau Depok, atau Bogor, atau Jakarta, gue lupa banget. Gue lagi di mini market, selesai belanja dan mau keluar, terus ada ibu-ibu sama suaminya dan dua anak kecilnya. Suaminya si ibu ibu ini masih agak jauh di belakang, si ibu jg ngegendong dede bayi dan ngegandeng si kakaknya. Melihat adegan kayak gitu ya ga mungkin lah gue ga nahan pintunya supaya si ibu masuk sedangkan si ibu udah deket banget sama pintu. Gue tahan lah pintu itu biar si ibu ga kerepotan masuk. Dan lucunya, bukannya bilang terima kasih, si ibu-ibu ini malah ngeliatin gue dari atas sampe bawah. Lah???

Kejadian ini gue alamin 3 kali, di tempat berbeda. Pertama, ngeliatin gue dari atas sampe bawah. Kedua, ngasih pandangan "nih anak kenapa?". Ketiga, main nyelonong aja.

Bukannya gue haus akan ucapan terima kasih, engga sama sekali. Tapi terima kasih itu kan menunjukkan sikap apresiasi kan. Dan seberapa sulit sih emang bilang terima kasih? Kan ngga sesusah bikin 1001 candi dalam satu malam.

Yah gue juga ngga paham sih alasan mereka kenapa. Mungkin hidup udah kelewat sulit kali, jadi untuk berterima kasih udah dikasih napas di pagi hari juga jadi makin sulit. Atau memang manusia udah mulai acuh tak acuh?

Apapun lah, gue cuma berharap hal ini bisa diperbaiki. Jangan sampe kita jadi masyarakat yg acuh tak acuh akan sekitar, terlebih sesama. Inget, manusia itu masih makhluk sosial yg membutuhkan satu sama lain. Karena membutuhkan satu sama lain, alangkah baiknya bukan untuk mengucap terima kasih akan semua bantuan yg didapat?

Anw,

Makasih udah mau baca.
Jangan lupa bilang makasih ke orang yg udah bantu kamu hari ini! :)


No comments:

Post a Comment