1.30.2017

Minoritas #3

Tinggal di luar negeri bukan berarti gue jadi "merem" soal isu-isu di Tanah Air, karena tiap hari gue pasti baca berita tentang Indonesia. Kadang suka curi-curi waktu kerja sih buat baca berita hehehe. Dan yg lagi hangat-hangatnya ini menyangkut agama dan etnis yg melibatkan salah satu figur di pemerintahan. Ya udah pasti tahu kan lah ya siapanya.

Agak sedih sih sebetulnya ada isu kayak gitu.

Kenapa? Karena gue tau persis rasanya jadi minoritas. Ditambah ada isu kayak gitu, gue tau persis rasa takutnya. Dan jeleknya, oknum-oknum yg emang ngga ada niat untuk berbuat baik malah ngambil kesempatan buat menambah minyak ke api yg udah bisa dibilang cukup gede.

Gini.

Gue sekarang tinggal di negara yg mana Islam adalah agama minoritas, dan pemandangan perempuan berhijab di jalan itu jarang banget. Banget. Makanya kalo gue ketemu perempuan berhijab rasanya seneng banget. Ah ya, ditambah dengan perspektif kalo "Islam is a religion of a terrorist" yg udah melekat di jaman sekarang karena kelompok jihad ekstremis itu. Gue ngerasa jadi makin kecil.

Betul adanya gue jauh ngerasa lebih aman di negara sendiri, dimana gue ga harus takut untuk berpenampilan seperti penampilan sekarang. Gue ngga perlu takut untuk tiba-tiba diberhentiin orang terus dicaci maki kayak yg dialamin oleh saudara Muslim di negeri Paman Sam. Atau gue ngga perlu takut ada yg tiba-tiba menarik lepas hijab gue dengan paksa. Atau ngga perlu takut ditahan di Bandara karena gue berasal dari Negara bermayoritas Muslim, sekalipun hal ini sempat terbersit ketika kemarin pulang ke Indonesia.

Dan karena anggapan bahwa Islam itu agamanya teroris, gue pernah mengalami satu kejadian yg masih ngga bisa gue lupain sampe sekarang.

Gue lagi jalan pulang bareng temen kantor, Portia. Kita berdua emang suka jalan kaki kalo pulang dari kantor, selain lebih irit, kita berdua pun searah. Lagi asik-asik ngobrol dan ketawa-tawa, kita berdua papasan sama cowok bule. Ketika dia lewat, gue bisa denger jelas dia ngomong "Shut up" tepat ketika gue sama dia papasan as in samping-sampingan.

Seketika itu gue diem. Gue kaget. Gue nengok ke arah si bule itu, tapi dia cuek aja lanjut jalan. Masalahnya, gue ngobrol dan ketawa-tawa bareng Portia juga ngga kenceng-kenceng banget. Volume suara normal kalo lagi ngobrol. Tapi somehow, itu masih mengganggu telinganya si bule. Gue cuma bisa istighfar sama sabar aja.

Gue tau, hal-hal seperti ini pada akhirnya pasti akan gue alamin.

Tapi ternyata di negara sendiri pun ngga jauh beda dengan apa yg terjadi di negeri Paman Sam itu. Sedih banget. Karena sebagai Bhineka Tunggal Ika yg selalu kita bangga-banggakan, nyatanya belum bisa dipraktikkan. Membayangkan ada orang Indonesia yg mendapat perlakuan kayak apa yg gue alami itu, yg hanya karena mereka menyembah Tuhan yg berbeda, membuat gue sedih bukan kepalang. Karena gue tau, sakitnya kayak apa.

Kita masih mengotak-ngotakan orang dari suku, agama, dan ras mereka. Padahal, sekalipun kita berbeda suku atau ras atau agama, kita masih sama-sama manusia. Masih satu spesies yg sama.

courtesy of Google

Tuh, ngga ada bedanya kan? Kita masih tersusun akan tulang-tulang yg sama.

Menjadi minoritas membuat gue merasakan betul gimana beratnya mereka-mereka di Tanah Air yg jadi minoritas. Gue tau gimana rasanya merasa kecil. Merasa beda.

Jujur, gue ngga ada masalah berteman atau bergaul dengan yg bukan seagama sama gue. Oh come on, one of my best friend is a Catholic. Nyokap juga dulu pernah sekolah di sekolah Kristen. Dan nyokap gue masih Islam, sekalipun pernah sekolah di sekolah Kristen. Di rumah ngga pernah ada ajaran untuk berteman hanya dengan orang Islam. Nyokap selalu bilang ke gue, "berteman sama siapa aja, ambil baiknya, buang jauh-jauh yg buruknya.".

Sekalipun apa yg dialami Muslim di negeri Paman Sam itu bener-bener bikin alis naik di seluruh dunia, tapi masyarakatnya aja udah banyak berteriak protes akan apa yg dilakukan oleh Presiden mereka. Karena mereka tau, hal itu ngga bener, dan cuma akan menyebarkan kebencian lebih besar. Akibatnya? Ya ekstremis ekstremis itu makin ngerasa benar untuk menyerang. Lha wong dimusuhi kayak gitu.

courtesy of The Jakarta Post

Kalo mereka aja bisa stand up untuk membela orang yg bahkan bukan seagama, bukan satu darah, dan bukan teman mereka, dan bukan berasal dari negara yg sama dengan mereka, kenapa hal ini masih sulit untuk kita yg masih satu negara dengan mereka-mereka yg lagi kena "serang"? Yg sama sama punya leluhur yg berjuang ketika kompeni datang menjajah bangsa ini? Apakah hidup berdampingan tandanya harus satu suku, satu agama, dan satu ras?

Apapun itu, semoga Indonesia bisa belajar dari hal ini. Cukup sekali aja Kerusuhan '98 yg menorehkan kelam di sejarah bangsa, jangan sampai terulang kembali. Sebagai bangsa yg mengagungkan Bhineka Tunggal Ika, udah sepatutnya juga kita mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari bukan?

:)

No comments:

Post a Comment