4.05.2016

Survival Tricks In Foreign Country's Public Restroom

Jujur gue bingung nyari istilah yang... manusiawi untuk hal ini. Gue udah google beberapa keyword buat nyari kata-kata yg pas, semisal: "pencernaan manusia", "pembuangan pencernaan". Iya ini berhubungan sama urusan toilet. Oke, mari kita gunakan istilah "urusan toilet" yg gue yakin elu-elu semua udah paham maksudnya apaan aja.

Di Indonesia, kita terbiasa dengan toilet basah. Maksudnya membersihkan anggota tubuh yg bersangkutan setelah selesai urusan toilet pakai air. Sedangkan, di negara-negara Barat dan beberapa negara di Asia kondisi toiletnya itu kering alias mereka ngga pakai air buat membersihkan anggota tubuh yg bersangkutan setelah selesai urusan toilet, melainkan pakai tissue.

Untuk orang Indonesia yg lagi ke luar negeri dan urusan toilet tidak bisa dihindarkan ketika lagi di tempat umum, pasti risih banget kalau cuma pakai tissue, kesannya ngga bersih. Iya kan? Ngaku deh. Iya gue sendiri pun mengakui kalo cuma pake tissue doang itu aneh, kayak ngga bersih.

Nah untungnya gue punya beberapa trik yg biasa gue gunakan ketika gue harus mengerjakan urusan toilet di tempat umum ketika di luar negeri. Trik ini gue temukan jaman SMA ketika gue ke Singapore sama nyokap. Kayak sekarang, dimana gue tinggal di negeri orang yg kondisi toiletnya itu kering. Cuma segelintir, bener-bener bisa dihitung jari, beberapa tempat yg toiletnya itu ada selang flush. 

Ini beberapa trik yg bisa elu-elu gunakan:
  1. Basahi tissue terlebih dahulu
    Ambil tissue yg agak banyak, jadi ketika dilipat agak tebal. Setelah itu basahi dengan air, ngga perlu basah banget sampai netes-netes airnya, secukupnya aja yg penting basah. Kondisi tissue harus agak tebal karena kalau tipis nanti lepas lepas ketika membasuh anggota tubuh yg bersangkutan. Terus agak diperas biar airnya ngga netes-netes. Inget, kondisi toilet mereka itu kering jadi jangan sampe bikin becekan di toilet orang.

  2. Bawa botol plastik kecil
    Ngga perlu botol plastik yg satu liter, mau mandi emangnya? Yg kecil aja cukup. Yg sekitar 350ml atau 500ml itu udah cukup. Isi terlebih dulu di wastafel sampai penuh, inget, sampai penuh. Beberapa orang bakalan melirik kita karena melakukan hal ini, trust me gue sering dilihatin karena ngisi botol plastik sebelum masuk ke bilik toilet. Tapi cuek aja, mereka ngga kenal ini kan, yg penting urusan toilet nyaman hehehe.
     
  3. Bawa sabun cair.
    Taro di wadah botol kecil. Kalo ngga punya, beli aja sabun cair botolan yg paling kecil ukurannya. Jaga-jaga kalo lo harus melakukan urusan toilet yg nomer 2 alias yg "berat" (nomer 1 yg "ringan"). Gue pernah soalnya, gue lagi di taman kota dan mendadak perut gue mules ga keruan minta dibuang isinya. Mau gamau gue harus tuntasin itu urusan toilet soalnya ngga bisa ditahan. Jadilah gue ke toilet Family Mart (karena posisi gue lagi disitu dan untungnya disitu ada toilet). Luckily gue bawa itu sabun cair di tas dan wastafelnya ada di dalem bilik toilet jadi gue puas banget tuntasin urusan nomer 2 tanpa kekurangan air hehehe.

Gue cerita tentang trik ini ke temen gue, dan dia bilang trik gue itu berguna banget mwahahahaha *kibas rambut*. Jadi sekalian aja gue bagi-bagi ke elu-elu pada disini. Semoga bermanfaat untuk elu-elu pada yg bingung gimana caranya survive di toilet kering.

Salam toilet!

Aparment,
10.15 am | 18th March 2016

No comments:

Post a Comment