12.10.2016

"Kapan?"

Ngeh ngga sih kita (kita? lu aja ca sama cicak-cicak di dinding) selalu dikejar-kejar sama pertanyaan "Kapan?". Bentuknya macem-macem, tapi kedatangannya itu udah mutlak tak bisa dielak. Halah. Gue ngga tau semenjak kapan dan dari mana budaya "Kapan?" ini mewabah, tapi si "Kapan?" ini udah jadi hal yg lumrah untuk dilontarkan tanpa paham ada tekanan berat untuk menjawab tanda tanya itu.

Gini gini,

Di umur gue sekarang yg udah 23, masih muda alhamdulillah heuheu, temen-temen gue udah pada naik ke level yg lebih tinggi, status mereka sekarang udah pake buku dan tercatat di pengadilan. Wiih keren ngga tuh? Nah sebagai teman yg baik sebagaimana gue biasanya (hooeekkk), gue mengucapkan selamat dong atas bahagianya mereka. Setelah ucapan selamat itu biasanya si tanda tanya ini suka nongol,
"Kapan nyusul?"

Ngok -_-

Kan nyebelin ya ditanyain kayak gitu pas ngga punya pacar. Sebelum nanya mending kasih calonnya dulu sini, jadi kan gue jawabnya enak. Huuu. Ngerti sih sebenernya pertanyaan itu bisa jadi doa supaya gue cepet nyusul (aamiinin aja gue mah yha) atau cuma becanda atau gimana, tapi sebagai jombs gue jujur agak ketusuk peniti pas dikasih pertanyaan gitu.

COY GUE JOMBLO COY, PERTANYAANNYA ADA YG LAIN KAGAK? -_-

Let's say gue pun nyusul mereka, sekarang gue ngga cuma punya buku tabungan sama buku paspor, gue punya buku nikah juga. Terus muncul lagi nih pertanyaan selanjutnya,
"Kapan punya dede?"

Dan karena dikejar-kejar pertanyaan itu terus, datenglah si dede. If you think it will stop there, you have another think coming, because it won't. Bakalan ada terus pertanyaan-pertanyaan susulan macem ujian jaman sekolah.

"Cuma satu? Kasian tuh si kakak pengen dede."

"Kakaknya kapan masuk sekolah."

"Si kakak kapan nikah? Adenya aja udah punya pacar."

"Kapan nimang cucu?"

Sebelum pertanyaan "Kapan nyusul?" aja sebenernya kita udah diberondong sama pertanyaan-pertanyaan yg tanpa sadar ngasih pressure ke kita (kapan skripsi selesai? kapan wisuda? kapan punya kerjaan? kapan gajian? dst dst). Karena di mata mereka, atau entahlah, if we answered their question it means that we passed their exam. But we're not breathing to live up their expectations. I repeat, you can't please everyone all the time, you're not a box full of cash.

Gue paham sih, ketika dikasih pertanyaan kayak gitu jadi ngerasa ada beban yg maksa kita untuk buru-buru ngasih jawaban ke pertanyaan itu biar ngga diberondong terus sama pertanyaan yg sama. Iya sih setelah kita jawab, kita ngga akan dikejar oleh pertanyaan yg sama, tapi pertanyaan yg lain. Sama aja bohong atuhlah.

Makanya kalo masih ditanyain kayak gitu, jawab aja:
"Semua udah ada yg ngatur, jawaban dari pertanyaan situ akan datang di waktu yg tepat."

Kalo masih ditanyain juga, sumpelin pake nasi goreng aja, ntar juga diem. Ehehehehe.

No comments:

Post a Comment