2.10.2014

Hai Aslab!

Senin, 27 januari 2014

Jadi hari ini gue tes buat jadi aslab pajak. Luna juga ikutan. Bisa dibilang sih tesnya lumayan dadakan, bayangin aja dikasih tau jadwal tesnya pas hari sabtu jam 10 malem. 10 malem loh ya. Terus tesnya hari senin jam set 9 pagi. Sesuatu bgt. Jadi gue cuma punya waktu buat pelajarin ulang semua materinya, mulai dari PPH 4 (2) sampe PPH 26 terus lanjut lagi sampe koreksi fiskal lanjut terus sampe PPN. Kenyang!

Beberapa sih masih inget pas di pelajarin ulang, jadi jatuhnya gue kayak mantepin lagi aja.


Nah si Luna blg katanya dia kekosan dulu yaudah gue tungguin, pas dia dateng gue makan dulu. Gue baru jalan kekampus jam set 9 kurang dikit coba. Makanya pas nyampe depan Lab tau tau si Anggi blg katanya tadi nama gue di panggil disuruh masuk buat tes tertulis. Nahloh nahloh. Yaudah gue langsung masuk deh tuh. Belom sempet baca ulang sama sekali. Terus gue disuruh duduk di tempat yg masih kosong. Pas baca soal… Gue agak kaget. Soal nomer 1 gue ngga ngerti sama sekali. Lupa sih lebih tepatnya soalnya gue ga nyangka kalo materi itu keluar juga. Terus selesai ngerjain nomer 1 (dgn ngasal tapi pede) beralih ke nomer 2. Ini juga sesuatu. Soalnya kayak gini:

Pph 4 (2) menjelaskan tentang…

Nah itu soal terus diulang sampe Pph 26. Untungnya gue inget inget dikit. Yg gue lupa penjelasan lengkapnya, gue masukin aja rumusnya, gue masukin juga objek pajaknya biar banyak. Paling ngga intinya sama lah. Insya allah.

Nah pas nomer 3 ini soalnya disuruh tentuin Faktur Pajak, DPP, sama nilai PPN & PPnBM nya.

Jadi kalo diliat liat sih soal gue lumayan lah. Tapi ya tetep aja gue gatau hasilnya. Nah katanya dikasih tau hasilnya itu jam 11. Begitu jam 11… Jeng jeng jeng… Kakaknya keluar bawa kertas! Ah pasti keroyokan ini liat hasilnya kata gue. Yaudah gue duduk aja sambil gambar di note nya Luna. Terus tau tau Melin (iya dia dateng padahal dia ga ikutan tes) bilang katanya yg keterima itu Rizal, Nini, dan… GUE! AAAAKKKKKKK!

gila men ga nyangka sama sekali ini bisa lolos tes tertulis. Luna gagal. Sedih. Bayangin aja dari 112 orang yg daftar, yg lolos depok 47 orang, kalimalang 17, dan gue termasuk yg beruntung. Alhamdulillah.

Kelar tes tertulis ternyata masih ada tes selanjutnya, tes tutorial. Mulainya jam set 1 dan temen sekelas gue si Rizal maju paling awal. Wew. Dan lo tau gue masuk jam berapa? Jam 5! Dan gue itu yg dipanggil terakhir alias penutupan! Subhanallah *selonjoran di tembok* Spesial banget kan gue. Udah gitu pas tes tutorial ada kakak aslab yg fotoin gue lah, ada yg bolot bgt. Seriusan bolot. Gue bilang pph 24 dia blg 23, gue blg dr eb12 dia blg 17 #tepokjidat. Ada yg cablak. Terus gue ditanya tanya gitu tapi gue gatau terus gue sepik aja. Stay cool broh. Dan gue yg masuk paling lama. Emang bener bener spesial kali. Si melin sampe bingung kok gue di dalem lama bgt.

Dan pas pengumuman keluar, gue nunggu yg liat pengumuman pada bubar. Ternyata nama gue ngga ada disitu. Jleb. Aseli bengong tuh gue disitu. Bingung. Shock. Campur aduk lah pokoknya. Soalnya nyokap pengen bgt gue masuk lab pajak. Tapi yaudahlah mungkin emang blm rejeki gue

Jumat, 31 januari 2014

Terus gue tes buat aslab perbankan. Nah kalo yg ini gue kepengen bgt. Kenapa? Soalnya waktu pas lab, kakaknya enak ngajarinnya dan gue juga jadi cepet ngerti udah gitu tiap minggu gue dpt nilai max mele (ini mah emang guenya aja). Tes pertama itu tes pengetahuan umum sama pengetahuan perbankannya. Tes pengetahuan umumnya dong, wuih. Gampang sih, dasar dasarnya doang #sombong. Tapi isinya ada komputer, matematika, bahasa inggris sama perbankan. Jelas lah ya yg gue andelin itu yg bahasa inggris eh tapi ternyata justru itu yg bikin gue puyeng. Sial bgt. Grammar breh. Jawabannya rancu semua aaaargh. Oke skip. Terus tes pengetahuan perbankannya kan, biasa... bikin jurnal sama neraca. Nah biasanya tuh entah kenapa udh dua kali gue bikin neraca ga balance mulu jd wajar aja gue parno, takut ga balance lagi eh tp ternyata balance. Horeee!

Terus pengumumannya lewat web. Dan pas gue liat jreng jreng… Gue lolos… Ke tahap berikutnya. Yap tahapnya buanyak syekali breh. Lanjut tesnya itu tgl 4 februari which is hari selasa dan pengumumannya itu hari sabtu malem jam 10 udh gitu tes buat hari selasa itu tuh tes tutorial sama wawancara dan disuruh bikin makalah tentang perbankan minimal 15 lembar *mati*

Bayangin aja gimana ngebutnya gue ngerjain itu makalah. Begadang buat nyari bahan udah gitu belom ngedit ngeditnya biar rapi *urut diri sendiri*

Selasa, 4 Februari 2014

Hari selasanya tesnya itu dibagi dua, untung untungan siapa yg dpt tutor duluan atau wawancara duluan dan kebetulan gue dpt wawancara dulu. Egile ye wawancaranye… Ampun deh. Ditanya nya bener bener deh. Ditanyain biasa dulu tuh, nama, sekolah dulu trs sama yg sejenis, nanya tentang CV lah pokoknya, lanjut lagi nanya soal jaga lab, lanjut lagi soal isu perbankan yg lagi hot. Ya berhubung gue sempet baca berita, gue bilang aja Agus Marto jd gubernur BI yg baru trs rupiah menguat 0.3% (kalo ga salah inget). Terus kakaknya nanyain tentang Redominasi. Ituloh penyederhanaan angka rupiah (ini mah udh tau, nyokap juga sempet cerita dulu), jadi misalnya yg biasanya 30.000 jadi cuma 30. Nah kakaknya nanya itu tuh apa, yaudah gue jelasin yg tadi. Deuh ampun dah, apa yg gue tau sama yg gue pelajarin dikuras semua.

Penderitaan gue belom selesai sampe situ teman, masih ada tes tutorial yg… Ah taulah. Lo bayangin aja pas masuk gelaaa kakaknya pada berisik bgt, ada yg makan, ada yg ngobrol, ada yg berdiri, nah gue sebagai aslab harus bisa ngatasin keadaan gitu. Untung gue udah pernah tes tutor pas pajak jd ga grogi amat. Terus gue mulai deh tutornya, gue ngajarin perkenalan ke perbankan dulu aja kan eh ada yg minta gue belajarnya tentang surat berharga aja. Mampus aja gue. Mana gue paham gilak. Ngerti tapi dikit doang. Yaudah pas mulai tutor gue langsung di serbu sama pertanyaan. Mulai dr sbpu, sbpm, obligasi, tempat beli sbpu sbpm dimana (jawabannya di Bursa Efek Jakarta), terus ditanya fungsi bank sentral apaan, tingkat suku bunga berapa (7,5% atau 6,5% kalo ga salah inget), terus ditanya inflasi lah. Aaaaargh bisa mati berdiri itu gue didalem. Edan nih kakak kakaknya. Gue tanya temen temen gue ga ada yg ditanya sampe sebegitunya. Sial. Rasanya begitu keluar kepala langsung berasep.

Gue udah pasrah banget itu ngga bakalan lolos lagi kayak pajak, ya bayangin aja ditanya nya kayak begitu. Terus dengan ogah ogahan gue buka webnya dan... gue lolos! Wahahaha itu hoki banget kalo menurut gue. Oh iya si Luna juga ikutan, dia juga lolos loh. Terus dikasih tau katanya tes selanjutnya itu tes wawancara sama staff tanggal 7.

Jumat, 7 Februari 2014

Gue sempet nanya nanya tuh sama Ida soal tes seleksinya, kata Ida kalo udah wawancara sama staff udah selesai. Apakah iya? Hm ternyata salah besar sodara sodara, perjalanan masih jauh, jauh bingit. Gue kira juga cuma wawancara doang eh tapinya ada diskusi kelompok juga #jedotinkepala

Pas tes wawancara nih yg bikin gue degdegan soalnya kan itu pertama kalinya gue tes wawancara. Pas masuk eh bapaknya asik, nyantai nanya nya yaudah gue juga santai deh. Dia minta gue perkenalin diri gue, terus ditanya kenapa gue ga milih kampus yg di Kalimalang aja, kelebihan gue apa, motivasi gue daftar perbankan apaan, sama apa yg bisa gue kasih buat lab kalo nanti gue keterima. Kalo menurut gue sih gue wawancaranya ngga lama banget tapi ngga sebentar banget juga, ya gitu lah.

Lanjut lagi diskusi kelompok. Dipanggil tuh 10 orang buat masuk. Kita dikasih kertas, disuruh tulis pendapat gitu, waktu itu yg ditanyain gini: "apa rakyat miskin perlu tau tentang bank? sedangkan untuk makan besok aja mereka masih mikir, gimana mau nabung atau kredit". Terus gue jawab kan. Selesai jawab kita disuruh pindah ke depan, terus disuruh ngasih pendapat juga, yg ditanyain tuh: "namanya juga rakyat miskin kan yah, jadi, maaf, pengetahuan mereka tentang bank juga terbatas. nah terus gimana cara kalian bikin mereka tertarik sama bank". Yaudah jawab deh tuh kan satu orang yg jadi jubir.

Tapi jujur aja, pas diskusi kelompok ini gue paling jengkel, bukan sama lab atau kakak aslabnya tapi justru sama anggota kelompok gue. Ada satu orang yg dominan banget, yg 'suaranya paling kenceng'. Ngerti kan? Suara gue mah kalah men. Tapinya yaudahlah ya namanya juga manusia.

Gue nungguin pengumuman tuh pas hari sabtu, terus gue mikir "ah kakaknya pasti malmingan" soalnya ngga di upload upload juga di web. Yaudah pasrah banget lah pokoknya soalnya ya itu tadi, pendapat gue kayak kurang didenger.

Eh taunya pas minggu pagi, baru melek banget nih, tau tau ada whatsapp dari Luna bilang katanya gue keterima. Ah sepik doang nih anak nih. Gue belom bisa percaya kalo belom liat sendiri. Yaudah akhirnya gue cek webnya dan... jreng jreng... gue lolos lagi! aaaaaakkkkk! Selanjutnya itu tes wawancara sama kepala staff. Capek ngga sih lo baca kayaknya gue tes mele ngga kelar kelar? Lo aja capek lah apalagi gue. Tapi sayang si Luna gagal :(

Senin, 10 Februari 2014

Hari ini gue tes wawancara sama kepala staff. Jedag jedug jedag jedug jantungku berdegup. Asli degdegan. Ini udah tahap terakhir banget soalnya, jadi gue harus ngasih sebaik baiknya. Gue dipanggil terakhir lagi errrr -_- Gue dipanggil sama dua cowok. Iya gue yg paling cantik #iyalahhh

Pas masuk gue disuruh ceritain tentang diri gue, kegiatan gue selain ngampus apa, motivasi daftar lab apa, 3 tahun mendatang mau ngapain, apa yg enak sama gaenaknya selama belajar di lab, seputar itulah. Ya allah gue jawabnya tuh beneran singkat banget, beda sama dua cowok di kanan kiri gue. Apalagi yg di kanan gue, nyerocos mele kayaknya, yg kiri gue juga jawabnya panjang. Udah gitu pas jawab gue lupa pulak kalo gue juga pengen kerja di BI argh! Demi kali ini gue pesimis banget bakal keterima atau engganya.

Jam 2 kita semua disuruh masuk buat dikasih tau siapa-siapa aja yg lolos. Satu... satu... nama-nama disebutin, gue ga yakin bakalan denger nama gue dan tepat pas gue mikir begitu, NAMA GUE DIPANGGIL! Anjir ini beneran nih? Gue masih ngga percaya kalo gue bener bener keterima. Ga nyangka banget. Udah gitu yg wawancara bareng gue yg sebelah kanan yg nyerocos mele itu ngga keterima. Ini ada apa dengan semesta? Gue masih bingung deh beneran. Gue malah mikir itu gue salah denger, harusnya nama orang lain tapi gue dengernya nama gue dan sebenernya gue itu ngga lolos. 

Tapi ternyata emang nama gue yg dipanggil. Bener bener nama gue men yg dipanggil. Ah gila. Jerih payah gue ngga sia sia, mengingat tesnya yg segitu panjangnya kayak gerbong kereta antar kota belom lagi yg sempet gagal pas lab pajak. Gue ngga bisa berhenti nyebut "alhamdulillah" karena emang berkat kuasa Allah juga gue bisa keterima. Makasih ya Allah.

Iya gue, Chairunnisa, aslab perbankan #tjieeee

No comments:

Post a Comment