2.12.2014

Nostalgia Masa SMA

Ketika lo dateng ke satu tempat yg udah bertahun-tahun ngga lo kunjungin, apa reaksi lo pertama kali? Kaget? Kangen? Atau bingung? Kalo gue, semuanya campur jadi satu. Gue kaget karena banyak banget ternyata yg udah berubah, yg dulunya ada sekarang udah ngga ada atau sebaliknya. Kangen karena disitulah tempat dimana gue membuat seribu kenangan yg sekarang tersimpan rapi di setiap sudut-sudutnya. Bingung karena gue sadar, seberapa banyak tempat itu berubah.

Semua itu gue rasain ketika tadi gue mampir ke sekolah tercinta gue, SMA Islam PB. Soedirman 1 Bekasi. Gue masih inget yel-yel dulu pas jaman PROPESA (kalo sekolah lain bilangnya itu MOS), bikin ngakak deh yel-yelnya: "sekolah yahud? ya pangsud". Apa banget ngga sih? Hahaha. Tapi bahkan cuma sesimpel yel-yel doang, udah lebih dari cukup untuk bikin gue kangen setengah hidup.


Gue tadi ke Pangsud bareng sama Dio. Begitu gue masuk gerbang, reaksi pertama gue: "wah pohonnya tambah banyak". Iya Pangsud jadi makin hijau, baguslah. Terus gue nengok kearah saung yg deket kolam ikan sama deket parkiran mobil itu. Ternyata masih jadi tempat buat cabut solat hahaha soalnya banyak banget anak cewek yg pada duduk disitu, mungkin emang lagi pada berhalangan #positivethinking.

Terus gue jalan lagi ke ruang guru. Begitu masuk... gue ngeliat pahlawan-pahlawan yg ikhlas ngasih ilmu ke gue selama 3 tahun dulu. Gue salim mereka. Dan setiap tangan mereka menyentuh kening gue, seketika itu juga di otak gue tergambar masa-masa dulu ketika masih di ajar sama mereka. Ya mulai dari yg anteng sampe yg males-malesnya, semua tergambar jelas. Seakan-akan gue bener-bener balik ke masa itu, kayak lagi naik mesin waktu.

Gue melangkah lagi. Sekarang kaki gue membawa gue masuk ke kantin. Ah... disini juga banyak kenangannya. Mulai dari yg cabut pelajaran sampe yg bilangnya ke kamar mandi padahal ke kantin. Gue kangen sama jajanannya, sama yg jual juga. Karena mereka itu juga yg termasuk nemenin gue pas istirahat sama cabut selama gue sekolah disana 3 tahun. Beberapa yg jual masih sama kayak dulu gue sekolah, gue harap sih mereka ngga usah pindah karena ya ibarat mereka udah jadi ikon penting di kantin. Hahaha.

Selesai dari kantin, gue balik lagi ke depan. Sekarang gue ke meja piket. Disitu mata gue terpaku sama satu hal baru yg dulu ngga ada pas jaman gue sekolah disitu yaitu layar monitor. Reaksi gue pas liat layar monitornya itu: "wuidih Pangsud sekarang pake CCTV.". Lumayan banyak juga kamera CCTV nya, ada 6. Terus gue ketemu sama guru yg dulu ngajar akuntansi, Pak Arief tapi lebih dikenal dengan nama Pak Javier. Pas dia ngeliat gue, dia bilang begini: "wah ini nih si chair (bukan kursi).". Iya dari dulu sampe sekarang dia masih manggil gue chair karena nama gue kan Chairunnisa, jadi sama dia disingkat jadi chair (masih bukan kursi). Disitu gue ngobrol-ngobrol banyak sama dia. Gue ijin sama Bu Nina (guru agama) yg ada di meja piket buat naik ke lantai dua sama tiga soalnya waktunya pas sama anak-anak solat ashar ngga enak juga kan kalo naik. Untunglah di ijinin.

Naiklah gue ke lantai dua sama tiga.

Wushhh... Gue disembur sama memori. Selama di lantai dua sama tiga, gue sama Dio sibuk nginget-nginget ini kelas dulu pelajaran apa, nginget guru-gurunya, inget pas dulu lagi pelajaran itu gimana. Gue juga ngeliat Perpus, sayang udah ditutup. Dulu gue sering banget ke Perpus buat pinjem novel sekalian ngadem hehehe. Pas di lantai tiga di depan ruang yg dulunya ruang Matematika, gue sama Dio cerita-cerita pas dulu jaman SMA. Nostalgia. Karena emang banyak banget cerita jaman SMA yg kayaknya ngga akan pernah habis ataupun bosen ketika dibahas, yg ada malah pengen ketawa sama pengen nangis karena kangen. Ya cerita tentang cabut lah, tentang pelajaran dulu, tentang UN, ngga lupa juga tentang cerita cinta jaman SMA. Cieelah kan.


Ketika lagi cerita-cerita, gue sadar, Pangsud banyak banget berubah. Mulai dari pepohonannya, lapangannya yg catnya jadi banyak yg ngelupas, terus kelas-kelasnya yg sekarang jadi lebih kotor terlebih di deket tempat sampah sama jendela kelas penuh sama coret-coret ngga jelas, sekarang Pangsud ada seragam pramuka untuk pertama kalinya, guru-guru Pangsud yg gue kenal beberapa banyak yg udah ngga ngajar di Pangsud lagi, terus Pangsud udah ngga moving class lagi (terus lab-labnya apa kabar ya kira-kira?), dan rooftop yg kayaknya sekarang udah di gembok permanen (padahal dulu mah abis solat ashar gue sering banget naik ke rooftop). Ngga cuma Pangsud aja yg berubah, gue juga udah banyak berubah.

Tapi Pangsud masih sama buat gue, gue masih nganggep Pangsud itu ya Pangsud yg gue kenal dulu sekalipun udah banyak banget berubah.

Lucu ketika lo sadar kalo ternyata kenangan lo semasa SMA segitu banyaknya, terselip diantara dinding-dinding kelasnya, diantara jendelanya, diantara papan tulisnya, koridornya, tangganya, kantin, lapangan sampai gerbangnya. Dan lo tau kalo kenangan-kenangan itu berharga banget karena itulah yg menjadikan diri lo ya apa adanya lo sekarang. Udah gitu juga, kenangan-kenangan itu juga bahan cerita untuk anak cucu lo nanti, dan yg bakalan bikin lo mendadak senyum-senyum sendiri kalo inget-inget masa sekolah dulu.

Bener kata Om Chrisye,
 "Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah"


Untuk sekolah tercinta,
tempat dimana sejuta kenangan tertidur lelap,
SMA Islam PB. Soedirman 1 Bekasi.


No comments:

Post a Comment